HEADLINE NEWS

Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat

Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat - Hallo sahabat Siantar Tips, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel taugaksih, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat
link : Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat

Baca juga


Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat

Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat
Ilustrasi Obat @Shutterstock
INFOSIANTAR  - Biasanya keracunan obat terjadi pada seseorang yang mengonsumsi obat lebih dari satu jenis obat sehingga mengalami efek interaksi obat, pada pasien lansia, anak-anak, atau orang yang memiliki masalah kejiwaan.

Keracunan juga bisa terjadi jika seseorang meminum obat disertai memakan atau meminum yangdapat membuat obat tersebut menjadi senyawa beracun, misalnya alkohol.

Keracunan obat adalah kondisi yang disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan obat, baik dosis yang berlebihan maupun kesalahan dalam mengombinasikan obat. Ada gejala dan cara mengatasi keracunan obat bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis obat yang kamu konsumsi. Dan beberapa orang mungkin ada yang lebih sensitif terhadap zat tertentu yang ada dalam kandungan obat tersebut, sehingga dosis normal pun bisa mengakibatkan keracunan. Yuk lansung saja simak!

Gejala Keracunan Obat

Beberapa gejala umum yang dapat muncul pada seseorang yang mengalami keracunan obat adalah sebagai berikut:
  1. Gangguan pencernaan, seperti mual, muntah atau muntah darah, sakit perut, diare, dan perdarahan pada saluran cerna.
  2. Nyeri dada.
  3. Detak jantung lebih cepat (dada berdebar).
  4. Sulit bernapas atau sesak napas.
  5. Pusing atau sakit kepala.
  6. Kejang.
  7. Penurunan kesadaran, bahkan hingga koma.
  8. Kulit atau bibir kebiruan.
  9. Hilang keseimbangan.
  10. Kebingungan atau gelisah.
  11. Halusinasi
Seperti dikatakan sebelumnya, gejala keracunan obat dapat berbeda, sesuai jenis obat yang menyebabkan keracunan.

Cara Mengatasi Keracunan Obat

Jika seseorang mengalami keracunan obat, segeralah hubungi ambulans atau bawa ke rumah sakit terdekat, agar dapat diberikan penanganan secepatnya. Sambil menunggu bantuan medis datang, hal-hal yang dapat kamu bisa lakukan adalah:
  • Cek denyut nadi, pola napas, dan saluran pernapasannya. Lakukan resusitasi jantung paru atau RJP, yaitu pemberian napas buatan dan penekanan pada dada, bila penderita tidak merespon ketika dipanggil, tidak bernapas, tidak terdengar detak jantung, serta tidak teraba denyut nadi.
  • Jangan biarkan atau menyuruh penderita muntah, kecuali petugas medis menyarankan demikian.
  • Jika penderita muntah dengan sendirinya, segera bungkus tangan Anda dengan kain, lalu bersihkan jalan napas (tenggorokan dan mulut) orang tersebut dari muntahan.
  • Sebelum paramedis datang, baringkan tubuh penderita menghadap ke kiri, dan buatlah penderita berada pada posisi yang cukup nyaman.
  • Jangan memberikan penderita makanan atau minuman apapun yang dianggap mampu menetralisir racun, seperti cuka, susu, atau jus lemon.
  • Jika penderita tidak sadarkan diri, jangan memberikan atau memasukkan apa pun ke dalam mulutnya.
  • Jika kamu secara tidak sengaja salah atau mungkin terlalu banyak meminum obat, dan kamu khawatir mengalami keracunan obat, jangan tunggu sampai gejala muncul. Segera pergi ke instalasi gawat darurat di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.



Demikianlah Artikel Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat

Sekianlah artikel Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kamu Perlu Tahu, Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Keracunan Obat dengan alamat link http://siantartips.blogspot.com/2019/03/kamu-perlu-tahu-ini-gejala-dan-cara.html
Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments
1 komentar:
Tulis Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *